Selasa, 06 Maret 2012

Wisata Tiga Gua di Ha Long Bay, Vietnam

Hang Dau Go (halong-tours.com)

Hang Dau Go (halong-tours.com)

Foto Selengkapnya:
Ha Long Bay, Vietnam, boleh saja tersohor karena kecantikan perairannya. Tapi tahukah Anda, di sini juga terdapat beberapa gua yang sangat artistik dan indah. Tiga di antaranya sangat cocok untuk dijelajah!

Siapa yang tak kenal Ha Long Bay? Namanya sudah terkenal hingga mancanegara. Wilayah yang berada di Provinsi Quang Ninh ini punya ribuan gunung kapur yang tersebar di antara perairan jernihnya. Namun tahukah Anda, Ha Long Bay juga punya beberapa gua alam yang sangat indah!

Beberapa gua bisa Anda jelajahi dengan mudah, karena sudah terdapat jalur menuju ke dalamnya. Ada tiga gua yang patut Anda kunjungi saat berlibur di Ha Long Bay, yaitu Hang Dau Go, Hang Sung Sot, dan Hang Trong.

1. Hang Dau Go

Hang Dau Go adalah sebuah gua raksasa yang berada di sebelah selatan Bai Chay. Letaknya 187 mdpl, sehingga Anda harus menaiki 90 anak tangga untuk bisa mencapai pintu guanya. Terdapat tiga ruangan besar yang ada di dalam Hang Dau Go.

Ruangan pertama memiliki tinggi 30 meter, dengan stalagmit dan stalaktit raksasa yang megah. Untuk mencapai ruangan kedua, Anda harus melewati terowongan dengan lebar 1,4 meter. Ruangan kedua ini merupakan gua raksasa yang diterangi oleh lampu warna-warni yang sangat artistik!

Ruangan ketiga adalah alasan mengapa gua ini diberi nama Hang Dau Go. Konon, pada abad ke-13 silam, di sinilah tempat seorang pahlawan Vietnam mempertahankan diri dari invasi bangsa Mongol. Nama pahlawan itu adalah Tran Hung Dao. Ruangan ketiga di gua ini ia gunakan sebagai tempat pertahanan, membuat bambu runcing, dan mempersiapkan strategi untuk melawan pemimpin Mongol saat itu, Kubilai Khan.

2. Hang Sung Sot

Gua ini berada di Bo Hon Island, dan merupakan gua yang terbesar di Ha Long Bay. Hang Sung Sot terletak 25 mdpl, sehingga Anda harus menaiki anak tangga sepanjang beberapa ratus meter untuk mencapai pintu guanya. Tapi jangan kuatir, perjuangan Anda tak akan sia-sia!

Hang Sung Sot memiliki dua ruangan besar. Ruangan pertama dipenuhi stalagmit dan stalaktit dengan beragam ukuran dan bentuk. Sama seperti Hang Dau Go, ruangan kedua juga diwarnai oleh lampu warna-warni yang membuat gua ini semakin cantik.

Bedanya, Hang Sung Sot punya beberapa danau dengan air yang sangat jernih!

3. Hang Trong

Gua ketiga ini beda dari dua gua sebelumnya. Ukurannya tak terlalu besar, dan tak ada lampu warna-warni yang mempercantik dindingnya. Namun, Anda harus masuk sendiri ke gua ini untuk membuktikan keunikannya.

Angin yang masuk ke sela-sela guanya, melewati stalaktit dan stalagmit yang tersebar di dalamnya, membuat sebuah suara mirip tabuhan drum. Oleh karena itu, gua ini juga disebut 'drum cave' atau gua drum.

Serunya lagi, gua ini bisa dipesan untuk tempat gala dinner atau bahkan pernikahan! Dengan ribuan lilin, acara apa pun yang berlangsung di gua ini akan semakin syahdu dan hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar