Selasa, 06 Maret 2012

Karpet Emas di Puncak Bromo

Sunrise cantik di puncak Gunung Bromo

Sunrise cantik di puncak Gunung Bromo

Foto Selengkapnya:
detikTravel Community - 
Keindahan terbitnya sang surya di Bromo sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Indahnya momen sunrise di puncak Bromo seperti menghadirkan karpet emas di langit.
Banyak wisatawan mengakui bahwa matahari terbit di penanjakan Bromo adalah yang terindah di dunia. Semburat cahaya jingga keemasan terpancar menerangi alam Bromo. Sungguh seperti melihat sesuatu yang sepertinya tak akan pernah kita jumpai di belahan dunia mana pun kecuali di Gunung Bromo.
Beberapa waktu lalu aku beserta beberapa teman berangkat menuju Bromo menggunakan motor. Pagi-pagi sekali kami berangkat dari Surabaya dan sampai di sana sore. Membutuhkan waktu sekitar 9 jam perjalanan untuk menuju penanjakan.
Gunung Bromo Memiliki ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut dan berada di empat wilayah yang berada di Jawa Timur, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Bromo memiliki bentuk antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi menghias tubuhnya yang gagah.
Jika membicarakan lebih lanjut, Gunung Bromo memiliki kawah dengan diameter kurang lebih 800 meter dari Utara sampai Selatan dan kurang lebih 600 meter dari Timur ke Barat. Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan radius 4 km dari pusat kawah Bromo.
Bromo memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama matahari terbitnya yang ada di Gunung Bromo. Banyak orang yang pergi ke Bromo hanya untuk melihat indahnya matahari terbit dari puncak penanjakan bahkan mereka tidak bersedia dan merasa sangat rugi bila melewatkan peristiwa alam yang satu ini.
Sebagai saran, jangan pernah sesekali mencoba datang saat musim hujan karena jika hujan mendung akan menghalangi pemandangan matahari terbit sehingga eksotisme luar biasa menjadi sedikit mengecewakan. Namun, jika datang saat musim kemarau, yakin 100% Anda akan puas dimanjakan oleh eksotisme objek wisata Gunung Bromo. Sekali saja Anda melihat sang surya terbit di Puncak Bromo pasti ingin ke sana lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar