Rabu, 07 Maret 2012


Ke Thailand Hanya Nikmati Wisata Malam? Rugi!

Sabtu, 18 Februari 2012 - 13:48 wib
Pasha Ernowo - Okezone
 1  20
(Foto: wikipedia)
(Foto: wikipedia)
BERLIBUR keliling Asia sangat menyenangkan, apalagi jika Anda berlibur dengan cara yang berbeda, seperti menjadi relawan. Terdapat beberapa cara untuk melakukan perjalanan dengan cara yang inspiratif.

Berikut lima cara liburan menjadi luar biasa dengan menjadi relawan di beberapa kawasan Asia, seperti dikutip CNNGo, Sabtu (18/2/2012)

Bekerja di pusat perlindungan gajah di Thailand


Thailand bukan hanya berisi wisata malam yang menggoda hati. Di sini Anda juga bisa menjadi sukarelawan di pusat perlindungan gajah.

Nyawa seekor gajah di Thailand sangat berisiko. Tidak ada perlindungan hukumm jadi gajah-gajah ini sering dieksploitasi sebagai hewan peliharaan, diperdagangkan, atau digunakan untuk keuntungan industri pariwisata. Dan, gajah-gajah yang diselamatkan biasanya karena malnutrisi.

Bagaimana Anda dapat membantu? Ada pusat penyelamatan hewan-hewan di Thailand, terletak sekira 160km Bangkok Selatan, rumah yang bersih, dekat dengan alam sebagai tempat berlindung bagi gajah. Anda dapat memelajari kebiasan hewan raksasa ini, seperti memandikan gajah di danau, berjalan-jalan ke dalam hutan, hingga mengumpulkan buah untuk mereka makan.

Anda bisa tinggal di sana minimal sepekan. Persyaratannya, Anda harus bisa berbicara bahasa Inggris dan berada dalam kondisi fisik yang baik, mampu bertahan dengan kondisi cuaca yang panas dan lembap.

Setelah lelah menjadi relawan, Anda bisa menghabiskan waktu liburan di sebuah resor daerah Pantai Cha Am atau Hua Hin. Keduanya terletak dari pusat perlindungan gajah kurang dari satu jam perjalanan.

Membangun rumah di Vietnam

Musim hujan bisa menghancurkan rumah-rumah di kawasan distrik Tan Phuoc pedesaan Vietnam. Melalui sebuah proyek yang dijalankan perusahaan relawan perjalanan, wisatawan bisa membantu dalam proses membangun kembali rumah; transportasi bahan baku, mengaduk semen, memalu kayu, dan sebagainya yang semuanya di bawah pengawasan. Juga, mengajarkan bahasa Inggris kepada anak sekolah setempat.

Relawan harus dalam kondisi fisik yang baik untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat. Anda bisa beristirahat dengan berjalan-jalan ke pegunungan dan sawah dekat Delta Mekong yang terkenal.

Melestarikan terumbu karang di Laut Andaman

Karena efek over-fishing, pemanasan global dan penyakit karang, terumbu karang yang mendukung ribuan tanaman dan hewan kini berjuang untuk bertahan hidup. Anda bisa membantu menyelamatkan ekosistem dengan mengumpulkan data ilmiah dari lapangan.

Organisasi nirlaba Reef Check and Earthwatch menjalankan 'EcoExpeditions', di mana relawan akan diajak menyelam dan snorkeling untuk mengumpulkan data jangka panjang dari tempat ini, rumah bagi banyak spesies karang keras dan jutaan penghuni laut berwarna-warni.

Sebagai syaratnya, relawan harus berusia minimal 18 tahun (pengecualian dapat dilakukan), perenang yang kuat, dan mempunyai sertifikat menyelam. Selanjutnya, Anda dapat menginap di Koh Ra Ecolodge, resor terpencil yang terletak dua jam di utara Phuket. Kegiatan dekat lokasi hutan termasuk hiking, kayak laut, atau hanya bersantai di pantai pribadi.

Mentor anak jalanan di Kamboja


Di Phnom Penh, kemiskinan secara tidak proporsional mempengaruhi anak-anak dan remaja. Tanpa intervensi, mereka yang tinggal di daerah kumuh berisiko diperdagangkan ke dalam prostitusi atau dijual ke rumah adopsi.

Bagaimana relawan dapat membantu? Situs Take Me To Asia, sebuah perusahaan perjalanan berbasis di Singapura, mengoperasikan program outreach ditujukan untuk pemuda miskin di Phnom Penh. Relawan memimpin lokakarya di subjek, seperti fotografi, memasak, jurnalisme, dan seni.

Untuk beristirahat, jelajahi budaya lokal Phnom Penh. Kota ini memiliki perpaduan unik dari Prancis kolonial dan arsitektur Khmer, dan merupakan rumah bagi beberapa wats (kuil-biara), museum, dan atraksi lainnya.

Ajarkan anak-anak jalanan di Mumbai olahraga


Mahatma Gandhi pernah mengatakan "cara terbaik untuk menemukan diri sendiri adalah kehilangan diri Anda dalam pelayanan orang lain". Sebuah cara yang mudah dan memuaskan untuk melakukan ini di Mumbai adalah dengan sukarela bekerja dengan Salaam Baalak Trust, yang misinya mendapatkan anak-anak dari jalanan ke lingkungan lebih aman, di mana mereka dapat menerima bantuan medis, pendidikan, dan semua hal yang membuat masa kanak-kanak berharga.

Program sukarelawan ini memungkinkan pengunjung jangka pendek membantu dalam berbagai cara, seperti mengajar anak-anak seni atau yoga, membantu mereka dengan pekerjaan rumah dan komputer, atau hanya memberi latihan bahasa Inggris. Anda juga dapat berpartisipasi dalam pemasaran dan program kesehatan mental.

Sebagai syaratnya, Anda minimal harus berada di sini selama dua pekan. Relawan harus mengatur transportasi dan akomodasi sendiri ke lokasi proyek.
(ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar