Rabu, 07 Maret 2012

Keren! 7 Taman Labirin Unik nan Rumit di Dunia

Reignac sur Indre di perancis (odde.com)

Reignac sur Indre di perancis (odde.com)

Foto Selengkapnya:
Konon, labirin diciptakan untuk memenjarakan Minoatur, semacam siluman dalam mitos Yunani. Namun sekarang, labirin menjadi taman sekaligus arena hiburan yang hijau. Inilah 7 taman labirin unik dan rumit yang ada di dunia.

Dalam mitos Yunani, labirin diciptakan untuk mengurung Minoatur. Di Italia, taman labirin digunakan untuk tempat berbagi gosip. Tapi sekarang, labirin digunakan sebagai area wisata juga arena bermain. Berikut 7 labirin unik dan rumit di dunia yang dihimpun detikTravel, Selasa (28/2/2012):

1. Labirin Reignac-sur-Indre di Prancis

Labirin terbesar di dunia ini dibuat pada tahun 1996. Bertempat di Touraine, Prancis, labirin Reignac-sur-Indre berdiri di atas lahan seluas 4 hektar. Labirin ini terinspirasi dari seni masa lalu. Pada zaman Renaissance, taman-taman diciptakan seindah dan serumit mungkin. Taman labirin bisa digunakan untuk tempat jalan-jalan santai atau menyendiri. Pada musim panas, Reignac-sur-Indre akan ditumbuhi bunga matahari di sepanjang labirin.

Bentuknya yang seperti 'circle crop' terlihat unik namun sebenarnya sangat sulit, meski hanya sebuah lingkaran dengan garis terpotong dan menyambung. Tidak ada salahnya mencoba menjelajah ke labirin ini dan bersiap terperangkap di dalamnya!

2. Labirin Nanas di Hawaii


Labirin ini masuk Guinness Book of Records pada 2001 silam sebagai taman labirin terbesar di dunia. Taman labirin ini berada di Waihawa, Oahu, Hawaii. Labirin ini berada di komplek Dole Plantation namun komplek ini lebih dikenal dengan kebun nanas karena di tengah labirin ada kumpulan tanaman yang membentuk seperti buah nanas.

Labirin yang luasnya 4,8 kilometer ini berada di komplek dengan 14.000 tanaman khas Hawaii yang berwarna warni. Hibiscus, crotom, panax dan pohon nanas adalah beberapa pohon yang ada di sana.

3. Labirin Peace di Irlandia

Salah satu taman labirin terbesar lainnya ada di Irlandia. Rampung pada 2001, taman ini menjadi labirin permanen terbesar yang ada di dunia. Taman seluas 1,1 hektar ini memiliki jalan setapak sepanjang 3.147 meter. Labirin ini dibangun menggunakan 6.000 pohon yew. Labirin yang dibangun pada 1998 silam ini membutuhkan waktu 3 tahun untuk menyelesaikannya. Proyek labirin ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat Irlandia utara, terlihat dari partisipasi masyarakat yang ikut membantu pembangunan taman labirin ini.

4. Labirin Davis' Mega di AS

Labirin ini berada di ladang milik keluarga Davis, sebuah keluarga petani pemilik lahan pertanian yang sangat luas. Taman ini dibangun oleh keturunan ke tujuh keluarga Davis. Ia memanggil seorang ahli labirin bernama Adrian Fisher. Labirin yang mulai terkenal pada tahun 1998 ini memang benar-benar unik. Bentuknya seperti kubus dan saling menyambung. Dengan bentuknya yang seperti itu, dapat dipastikan Anda akan sulit keluar dari labirin tersebut.

5. Labirin Ular di Inggris

Seorang pembuat labirin bernama Michael Blee menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membuat labirin ini. Pria yang berumur 65 tahun ini membuat labirin berbentuk ular di atas lahan seluas 4 meter. Pepohonannya setinggi 8,1 meter dan terawat dengan baik. Mahakarya ini berada di Upchurch, Rochester, Inggris dan menjadi karya Blee yang ke-10.

6. Labirin York di Inggris

Satu lagi taman labirin terkenal di Inggris, yaitu Labirin York yang berada di utara Yorkshire. Taman yang dibangun untuk memperingati 40 tahun Star Trek ini dibuat oleh seorang pecinta Star Trek bernama Tom Pearcy. Yorkshire memang terkenal sebagai daerah paling hijau di Inggris, dan taman yang unik ini berhasil menciptakan gambaran luar biasa jika dilihat dari kamera satelit.

7. Labirin Longleat di Inggris

Taman labirin terpanjang di dunia diraih oleh Longheat di Inggris. Taman ini dibangun di atas lahan seluas 0,6 hektar ini menggunakan 16.000 pohon yew. Labirin Longheat didesain oleh Greg Bright pada tahun 1975. Jalan setapaknya sepanjang 2,72 kilometer. Tidak seperti labirin lain, labirin ini 3 dimensi! Sensasi tiga dimensi yang ditimbulkan oleh taman ini akan terlihat jelas jika Anda melihatnya dari angkasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar