Selasa, 06 Maret 2012


Menyelam di Terumbu Karang Terluas Milik Indonesia

Kamis, 23 Februari 2012 - 06:01 wib
Fitri Yulianti - Okezone
 6  130
Taman Laut Togean (Foto: kaskus.us)
Taman Laut Togean (Foto: kaskus.us)
TAMAN Laut Togean berada di Kecamatan Tojo Unauna. Togean terkenal dengan alam bawah lautnya yang menjadi surga bagi para penyelam.

Objek wisata yang eksotis ini dihuni dengan berbagai karang tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari. Kecantikan alam bawah laut di Kepulauan Togean tidak kalah dengan Bunaken atau Bali yang sudah terkenal. Terumbu karangnya masih sangat alami dan belum banyak dirusak sehingga sangat indah dipandang, seperti dikutip dari buku Pariwisata Nusantara 2011 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepulauan ini memiliki terumbu karang terluas di Indonesia yaitu sekira 132.000 hektare dan terkenal memiliki ratusan titik penyelaman menakjubkan. Kepulauan ini terletak di Teluk Tomimi, sekira 500 km dari timur Kota Palu.

Dibentuk oleh aktivitas volkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau, dan lain-lain.

Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean, antara lain menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan di Pulau Malenge, serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.

Akses atau transportasi menuju Kepulauan Togean menempuh waktu 10 jam perjalanan darat dan 5 jam perjalanan laut. Untuk menuju ke kepulauan Togean dapat ditempuh dengan beberapa cara. Pertama, dari Palu ke Ampana via Poso (375 kilometer) dengan bis atau mencarter mobil, kemudian dengan perahu dari Ampana ke Wakai dan Malenge dengan jadwal rutin setiap hari, berangkat pukul 10.00-11.00 pagi. Kedua, dari Gorontalo, naik mobil ke Marisa, selanjutnya naik perahu ke Dolong atau Wakai.
(ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar