Rabu, 07 Maret 2012

Ini Dia Teras Sawah Tertua di Dunia

Terasering Banaue (bestourism.com)

Terasering Banaue (bestourism.com)

Foto Selengkapnya:
Untuk penggemar wisata alam, pemandangan teras sawah yang indah tak boleh dilewatkan. Nah, Provinsi Ifugao di Filipina, rupanya memiliki teras sawah paling tua di dunia. Umurnya sudah dua ribu tahun!

Orang Filipina menganggap tempat ini sebagai 'keajaiban dunia ke delapan'. Dijamin, Anda juga akan berpikiran yang sama ketika melihat pemandangan menakjubkan dari Terasering Banaue menyergap sudut mata.

Terasering ini terletak pada ketinggian 1.500 mdpl, dan punya luas total 10.360 kilometer persegi! Sejauh mata memandang, Anda bisa melihat undakan sawah hijau yang sangat cantik dan teratur, meliuk di beberapa sudut. Siapa pun yang melihatnya dijamin akan terpesona.

Terasering Banaue dibuat oleh masyarakat lokal sejak 2.000 tahun silam, untuk keperluan bercocok tanam yang menjadi mata pencaharian utama. Terasering ini juga dilengkapi sistem irigasi kuno yang bermuara di hutan hujan di puncak gunungnya. Hal ini membuktikan masyarakat Ifugao masa lampau telah paham akan sistem irigasi, pahatan bebatuan, serta cara bercocok tanam yang efektif.

Terasering Banaue termasuk ke dalam Ifugao Rice Terraces. Selain Banaue yang merupakan terasering terluas, ada empat terasering lain yaitu Batad, Mayoyao, Hapao, dan Kiangan. Semuanya menghiasi pegunungan di Ifugao. Jika mendaki salah satu puncaknya, sejauh mata memandang Anda akan disuguhi dengan panorama pedesaan yang sangat indah. Sekaligus mengingatkan bahwa Filipina adalah negara agraris, sama seperti Indonesia.

Selama ribuan tahun, masyarakat di Ifugao memang lekat dengan beras. Selain menjadi bahan pangan pokok, beras juga diolah menjadi 'bayah' (minuman keras dari fermentasi beras) dan beragam kue beras yang dijadikan persembahan dalam upacara ritual.

Hingga sekarang, fungsi terasering ini tak jua berubah. Mulai dini hari, masyarakat setempat berbondong-bondong menanam padi di beberapa bagian undakan. Ada juga yang menanam sayuran di ladang-ladang sekelilingnya.

Sebagai terasering tertua dan terluas di dunia, Terasering Banaue menjadi salah satu destinasi favorit para turis di Filipina. Terlebih lagi, Ifugao terkenal karena adanya 'Mumbaki', dukun lokal yang dipercaya punya kekuatan menyembuhkan.

Anda bisa menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, serta ikut menanam padi dan sayuran. Menyaksikan rutinitas masyarakat lokal yang tak berubah selama ratusan generasi menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Itupun jika Anda kuat menahan udara dingin yang menusuk kulit di pagi harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar