Selasa, 06 Maret 2012

Ayo! Wisata Sehat ke Museum Jamu Nyonya Meneer, Semarang

Replika pembuatan jamu tradisional (Muh Heri Suryono/ACI)

Replika pembuatan jamu tradisional (Muh Heri Suryono/ACI)

Foto Selengkapnya:
Museum Jamu Nyonya Meneer di Semarang merupakan museum jamu pertama di Indonesia. Di Museum ini terdapat aneka macam jamu dan juga sejarah dari pembuatan jamu Nyonya Meneer. Museum ini unik dan menarik untuk Anda kunjungi.

Jamu, bisa dibilang merupakan salah satu warisan Indonesia. Khasiat jamu yang terkenal dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit sudah dikenal ratusan tahun yang lalu. Bahan-bahan jamu terbuat dari berbagai macam tanaman yang dipercaya berkhasiat. Bagian-bagian dari tanaman tersebut, seperti batang tanaman, daun, buah, hingga kulit kayunya.

Jika Anda pengkonsumsi jamu, maka Museum Jamu Nyonya Meneer di Semarang adalah tempat yang wajib dikunjungi. Museum yang berada di Jalan Raya Kaligawe, Semarang ini menyimpan banyak sejarah tentang proses pembuatan jamu dan berbagai macam jenis jamu. Nyonya Meneer adalah salah satu sosok terkenal yang menjaga kelestarian jamu. Nyonya Meneer belajar meracik jamu saat suaminya sedang sakit. Ternyata, hasil racikannya tersebar hingga masyarakat luas pada saat itu.

Lalu, Nyonya Meneer membangun perusahaan jamu yang bernama Jamu Cap Potret Nyonya Meneer. Nyonya Meneer juga dikenal sebagai orang yang senang membantu. Tak heran, banyak orang yang mempercayakan keampuhan jamu buatannya. Keahliannya membuat jamu pada masa lampau, membuat Ibu Tien Soeharto, yang kala itu menjabat sebagai Ibu Negara, membangun Museum Jamu Nyonya Meneer pada tanggal 18 Januari 1984.

Museum ini buka dari hari Senin-Jumat, pukul 10.00-15.30 WIB. Tiket masuk ke museum ini gratis, alias tidak dikenakan biaya apa pun. Museum dengan interior tradisional ini terbagi dalam 2 bagian, yaitu barang koleksi pribadi Nyonya Meneer dan replika peracikan serta pembuatan jamu secara tradisional.

Pada bagian koleksi pribadi Nyonya Meneer, Anda dapat melihat foto Nyonya Meneer, koleksi alat-alat yang digunakan Nyonya Meneer pada masa lalu, tempat jamu dari kuningan, redan berbagai koleksi lainnya yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa melihat replika tentang peracikan jamu secara tradisional. Di museum ini terdapat pula beberapa tumbuhan yang digunakan sebagai bahan pembuatan jamu. Di dalam museum juga terdapat beberapa jamu hasil buatan Nyonya meneer.

Jadi, bagi Anda para pecinta museum dan jamu, mengunjungi Museum Jamu Nyonya Meneer akan menjadi pengalaman yang baru dan tidak akan terlupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar